Analisis Regresi Pertemuan 1
MATA KULIAH ANALISIS REGRESI
TUGAS PERTEMUAN 1
PRODI ILMU GIZI FAKULTAS
ILMU-ILMU KESEHATAN
Oleh : Kurnia
sari
(20170302118)
Dosen mata kuliah
: Idrus
Jus’at, Ph.D
TUGAS HALAMAN 7
Buatlahh hipotesis deskriptif,
hipotesis komparatif dan hipotesis asosiatif.
1. Hipotesis
Deskriptif
a.
Apakah mahasiswa dan mahasiswi semester 2
menyukai makanan dan minuman di kantin sehati?
Ho : Mahasiswa dan mahasiswi semester 2 tidak menyukai
makanan dan minuman di kantin sehati.
Ha : Mahasiswa dan mahasiswi semester 2 menyukai
makanan dan minuman di kantin sehati.
b.
Apakah masyarakat Medan dan Padang menyukai
makanan yang berasa pedas?
Ho : Masyarakat Medan dan Padang tidak menyukai
makanan yang berasa pedas.
Ha : Masyarakat Medan dan Padang menyukai makanan yang
berasa pedas.
2. Hipotesis
Komparatif
a.
Apakah ada perbedaan konsentrasi belajar antara
anak sekolah yang sarapan pagi dan tidak sarapan pagi?
Ha : Ada perbedaan konsentrasi belajar antara anak
sekolah yang sarapan pagi dan tidak sarapan pagi.
Ho : Tidak ada perbedaan konsentrasi belajar antara
anak sekolah yang sarapan pagi dan tidak sarapan pagi.
b.
Apakah ada perbedaan status gizi anak balita
yang mengkonsumsi susu dan tidak mengkonsumsi susu?
Ha : Ada
perbedaan status gizi anak balita yang mengkonsumsi susu dan tidak mengkonsumsi
susu.
Ho : Tidak ada perbedaan status gizi anak balita yang
mengkonsumsi susu dan tidak mengkonsumsi susu.
3. Hipotesis
Asosiatif
a.
Apakah ada hubungan antara kebiasaan
mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dengan penyakit PJK ?
Ha : Ada hubungan antara kebiasaan mengkonsumsi
makanan yang mengandung lemak tinggi dengan penyakit PJK.
Ho : Tidak ada hubungan antara kebiasaan mengkonsumsi
makanan yang mengandung lemak tinggi dengan penyakit PJK.
b.
Apakah ada hubungan antara junk food dengan
kejadian obesitas ?
Ha : Ada hubungan antara junk food dengan kejadian
obesitas.
Ho : Tidak ada hubungan antara junk food dengan
kejadian obesitas.
TUGAS HALAMAN 13-15
1.
Dibawah
ini adalah berat badan bayi laki-laki usia 5 bulan (X1) dan pada usia
11 bulan (X2) (data fiktif). Hitung nilai rata-rata, variance,
standard deviasi dan lakukan uji t dependen sampel.
Subjek
|
Sebelum
X₁
|
Sesudah
X₂
|
Beda
D= X₁-X₂
|
Deviasi
d = D -
|
Kuadrat
deviasi = d²
|
1
|
4.5
|
5.6
|
-1.1
|
0.26
|
0.068
|
2
|
4.7
|
5.9
|
-1.2
|
0.16
|
0.026
|
3
|
4.6
|
6.2
|
-1.6
|
-0.24
|
0.058
|
4
|
4.8
|
6.2
|
-1.4
|
-0.04
|
0.002
|
5
|
4.9
|
5.9
|
-1
|
0.36
|
0.130
|
6
|
4.8
|
5.8
|
-1
|
0.36
|
0.130
|
7
|
4.5
|
6.2
|
-1.7
|
-0.34
|
0.116
|
8
|
4.7
|
6.4
|
-1.7
|
-0.34
|
0.116
|
9
|
4.9
|
6.3
|
-1.4
|
-0.04
|
0.002
|
10
|
4.6
|
6.1
|
-1.5
|
-0.14
|
0.020
|
Jumlah
|
47
|
54.4
|
-13.6
|
0.00
|
0.664
|
Rerata D - = D/n = -1.36
|
Kesimpulan : Ada perbedaan berat badan
bayi laki-laki usia 5 bulan dan pada usia 11 bulan.
2.
Data
kadar trigliserida pria dewasa gemuk dan normal yang diukur dengan indeks Masa
Tubuh (IMT) sebagai berikut (data fiktif).
Tugas :
a.
Hitung
nilai rata-rata
b.
Hitung
variance
c.
Hitung
standard deviasi dan
d.
Lakukan
uji t-independen sample
Subjek
|
Gemuk
|
Normal
|
D1
|
D2
|
Kuadrat
deviasi = d²
|
|
d21
|
d22
|
|||||
1
|
240
|
180
|
1
|
4
|
1
|
16
|
2
|
260
|
175
|
21
|
-1
|
441
|
1
|
3
|
230
|
160
|
-9
|
-16
|
81
|
256
|
4
|
220
|
190
|
-19
|
14
|
361
|
196
|
5
|
260
|
180
|
21
|
4
|
441
|
16
|
6
|
250
|
175
|
11
|
-1
|
121
|
1
|
7
|
240
|
190
|
1
|
14
|
1
|
196
|
8
|
220
|
170
|
-19
|
-6
|
361
|
36
|
9
|
230
|
180
|
-9
|
4
|
81
|
16
|
10
|
240
|
160
|
1
|
-16
|
1
|
256
|
Jumlah
|
2390
|
1760
|
0
|
0
|
1890
|
990
|
Kesimpulan : Ada perbedaan kadar
trigliserida pria dewasa gemuk dan normal yang diukur dengan indeks Masa Tubuh
(IMT).
3. Nilai
rata-rata IQ dari 26 siswa SMP X adalah 107 dengan standar deviasi 9, sedangkan
di SMP Y dari 30 siswa rata-rata IQ nya adalah 112 dengan standar deviasi 8.
Dapatkah kita menyatakan bahwa ada perbedaan secara bermakna nilai rata-rata IQ
siswa dikedua sekolah?
a.
Nilai
rata-rata : n1 = 26
n2 = 30
b.
Nilai
variance (S2) : X1 = 107
X2 = 112
c.
Standard
deviasi S : S1 = 9
S2 = 8
Kesimpulan : Ada perbedaan secara
bermakna nilai rata-rata IQ siswa di kedua sekolah.
4.
Kita
ingin membuktikan perbedaan kadar glukosa darah mahasiswa sebelum dan sesudah
sarapan pagi. Datanya sebagai berikut:
Subjek
|
Sebelum
|
Sesudah
|
Beda
|
Deviasi
|
Kuadrat
deviasi = d²
|
D =
X1-X2
|
d = D-D
|
||||
1
|
115
|
121
|
-6
|
-0.1
|
0.01
|
2
|
118
|
119
|
-1
|
4.9
|
24.01
|
3
|
120
|
122
|
-2
|
3.9
|
15.21
|
4
|
119
|
122
|
-3
|
2.9
|
8.41
|
5
|
116
|
123
|
-7
|
-1.1
|
1.21
|
6
|
115
|
123
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
7
|
116
|
124
|
-8
|
-2.1
|
4.41
|
8
|
115
|
120
|
-5
|
0.9
|
0.81
|
9
|
116
|
125
|
-9
|
-3.1
|
9.61
|
10
|
117
|
127
|
-10
|
-4.1
|
16.81
|
Jumlah
|
1167
|
1226
|
-59
|
0
|
84.90
|
Rerata D (D) = D/n = -5.9
|
Kesimpulan : Ada perbedaan bermakna
kadar glukosa darah mahasiswa sebelum dan sesudah sarapan pagi.
5.
Hasil
penelitian tentang peran senam “low impact” pada remaja putri usia 18-21 tahun
terhadap penurunan persen lemak tubuh disajikan dalam table dibawah ini (data
fiktif). Dapatkah kita menyatakan bahwa senam “low impact tidak berpengaruh
terhadap persen lemak tubuh.
Subjek
|
Sebelum
|
Sesudah
|
Beda
|
Deviasi
|
Kuadrat
deviasi = d2
|
D =
X1-X2
|
d = D-D
|
||||
1
|
24.7
|
24.5
|
0.2
|
-1.45
|
2.1025
|
2
|
26.4
|
25.6
|
0.8
|
-0.85
|
0.7225
|
3
|
28.7
|
26.9
|
1.8
|
0.15
|
0.0225
|
4
|
27.2
|
26.1
|
1.1
|
-0.55
|
0.3025
|
5
|
24.9
|
24.2
|
0.7
|
-0.95
|
0.9025
|
6
|
29.9
|
27.3
|
2.6
|
0.95
|
0.9025
|
7
|
28.6
|
25.7
|
2.9
|
1.25
|
1.5625
|
8
|
28.8
|
25.7
|
3.1
|
1.45
|
2.1025
|
Jumlah
|
219.2
|
206
|
13.2
|
0
|
8.6200
|
Rerata D (D) = D/n = 1.65
|
Kesimpulan
: Ada pengaruh yang bermakna senam “low impact terhadap persen lemak tubuh.
Komentar
Posting Komentar